Minggu, 01 Juni 2008

Pertamina gencar teliti kandungan minyak di wilayah Cirebon

CIREBON ,SP-
PT Pertamina Pusat kini tengah gencar melakukan pencarian sumber-sumber cadangan minyak, bahkan di wilayah Cirebon tim Pertamina akan melakukan seismik sebanyak 11.417 titik yang tersebar di areal seluas 374 KM2 (kilometerpersegi).

Menurut Humas EP Jakarta, Slamet Riyadi, seismik tersebut merupakan bagian tindaklanjut atas keinginan pemerintah yang berencana menaikan cadangan sumber minyak sebanyak 20 persen. “Kita tahu pemrrintah ada keinginan menambah summer minyak barus ebanyak 20 persen, dan yang kita lakukan ini merupakan bagian dari itu,” katanya.

Dijelaskan, secara nasional seismic dilakukan di daerah Propinsi Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar) dan Propinsi Riau. Dan khusus di Jawa Barat, seismic berada di wilayah Cirebon yang meliputi Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan kabupaten Indramayu.

Namun ketika ditanya mengenai kapasitas cadangan minyak yang berada di wilayah Cirebon tersebut, Slamet enggan menjelaskan lebih jauh. Menurutnya Pertamina hingga kini masih melakukan survey dan penelitian. “Dan ketika ada pertanyaan kenapa di wilayah Cirebon , jawabnya karena di sana memang ada kandungan minyak, tapi kita belum tahu besasnya,” tegasya.

Dalam kaitan dengan seismic tersebut, pihaknya menjamin akan melakukan hak dan kewajiban terhadap masyarakat, terutama bagi mereka yang terkena langsung jalur seismic.@Bambang

Tidak ada komentar: