Minggu, 16 November 2008

Proyek Perbaikan Dan Peningkatan Jalan Poros Desa Beres

CIREBON,SC – proyek perbaikan dan peningkatan jalan raya maupun jalan poros desa nampaknya sangatlah diidamkan warga jika jalan yang dilintasi bagus, namun yang perlu diketahui dan di maklumi oleh masyarakat luas perbaikan jalan yang di danai dari APBD maupun APBN tentunya akan disesuaikan dengan keterbatasan dana dan tentunya disiasati dengan cara perbaikan berkala atau bertahap.

Program yang dicanangkan Dinas PU.Biana Marga Kab.Cirebon Jawa Barat seperti peningkatan dan perbaikan Jalan Poros Desa tentunya bertujuan untuk meningkatkan Indeks Prestasi manusia (IPM), serta untuk meningkatkan aktifitas perekonomian warga masyarakat Kab. Cirebon , dan ternyata masyarakat sangat merasakan, sehingga dalam menjalankan aktifitas perekonomian semua warga masyarakat sangatlah berasa.

Dari beberapa nara sumber SC seperti Johari, Wasrga Desa Sindang Laut Kec. Lemahabang dan Cece Suhartono Tokoh Masyarakat Kec. Ciledung, senada mengatakan,"kami, sangat berterima kasih sekali terhadap pemerintah daerah dalam hal ini Kepada Bapak Bupati Cirebon Drs. H. Dedi Supardi, MM, yang sangat peduli dengan Warganya, dimana jalan Poros Desa sangatlah membantu warga masyarakat terutama para Petani, Pedagang dan yang lainnya, hal yang sama. "Harus diakui, dengan adanya perbaikan jalan di Desa kami, lalulintas semakin lancar, yang imbasnya, bisa menunjang sektor perekonomian di Desa,“kami.

Sementara itu kepada Kepala Dinas PU Bina Marga Kab. Cirebon Ir. Sukardi Subrata, CES didampingi Kabid Pemeliharaan, Ir. Avip Suherdian, MT di ruang kerjanya, kepada SC mengaku puas dengan kinerja Binamarga yang hingga kini rampung tanpa ada masalah. Menurutnya, selama ini dana yang sudah ada bisa dikelola dengan tepat (sesuai presedur-red) tujuannya adanya Jalan Poros Desa itu diperuntukan untuk kepentingan masyarakat.

Avip seraya menambahkan, selama ini Dinas Bina Marga, sudah berkerja semaksimal mungkin, untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. "Dari anggaran yang ada, kami bisa mengutamakan kepentingan masyarakat demi meningkatnya IPM di Kab. Cirebon. Buktinya, dengan adanya jalan poros ini, ekonomi masyarakat bisa terbantu. Minimal, sarana transportasi bisa lancar,"ungkap Avip

Dari segi kualitas dan kuantitas jalan poros, sudah layak di gunakan masyarakat dan dalam pekerjaan proyek sendiri sudah sesuai aturan yang ditetapkan. Semua bahan material kata Apip, telah diuji di laboratorium dan kualitasnya juga tidak diragukan lagi.

Menyinggung tentang pekerjaan, Avip menandaskan, pekerjaan tersebut tersebar di kab. Cirebon di 4 Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) seperti di UPTD Sindang Laut, UPTD Ciledug, UPTD Plumbon dan UPTD Arjawinangun, dari 17 paket jalan poros, hanya 15 paket yang dikerjakan. Pasalnya, 2 paketnya lagi telah ditarik karena ada peraturan baru terkait masalah pembatalan dana AD HOC yang diberikan Pusat. Beberapa paket dibatalkan, dari tiga Dinas yang ada di Kabupaten Cirebon, yaitu Dinas Cipta karya, Dinas Pengelolaan Sumber Daya air (PSDA) dan PU Bina Marga.@bambang

Tidak ada komentar: