Selasa, 23 Desember 2008

Samsat Sumber Optimalkan Pelayanan.

Cirebon, SC– Samsat Sumber memberikan pelayan prima kepada para pemohon perpanjangan STNK serta BPKB. Hal tersebut terlihat dengan semakin banyaknya pemohon STNK serta BPKB. Tercatat, setiap harinya ada ratusan pemohon yang datang ke Samsat Sumber. “Awalnya saya ragu dengan kinerja Samsat Sumber. Namun setelah saya rasakan, ternyata pelayanannya professional dan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” aku salah seorang pemohon pembuat STNK, beberapa waktu lalu.




Hal senada dikatakan Taspin, warga Cirebon.menurutnya, dia hanya butuh waktu satu hari untuk perpanjangan STNK. Itu pun aku Raspin, karena syarat yangdia bawa untuk perpanjangan tersebut kurang lengkap. “Saya salut dengan kinerja Samsat Sumber. Syarat kurang satu saja, mereka tidak mau proses. Ini benar-benar kinerja profesional Lagi pula, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuan seperti yang dipasang di papan informasi,” kata Taspin.

Sementara itu Kanit Regiden Samsat Sumber, Iptu Jon H. Situmpol mengatakan, bahwa apa yang dilakukan Samsat Sumber mengacu kepada Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sudah ditetapkan pemerintah. Menurutnya, untuk mempermudah dan menghindari adanya upaya percaloan pihaknya memasang beberapa spanduk. “Kami memasang beberapa spanduk serta daftar biaya pengurusan yang sesuai dengan ketentuan. Ini supaya mempertegas lagi, bahwa pihak kami tidak pernah melakukan pungli,” ungkap Jon.

Pemasangan spanduk juga aku Jon, dimaksudkan supaya masyarakat mengetahui bahwa memperpanjang STNK dan BPKB semudah membalikan telapak tangan. Asal semua syarat dipenuhi, lanjut Jon, pihaknya akan cepat memproses perpanjangan tersebut. “Ini bukan omong kosong. Proses yang kami jalankan tidak makan waktu berhari-hari. Asal syaratnya lengkap, hari itu juga selesai. Tapi mohon maaf, pemohon harus menunggu daftar antri,” ujar Jon.

Jon juga menepis anggapan, tentang banyaknya calo yang berkeliaran di Samsat Sumber. Selama ini akunya, pemohon datang langsung ke loket untuk mendaftarkan permohonan. Untuk Sedang untuk Wilayah Timur, hal itu hanyalah untuk mempermudah pembayaran para wajib pajak. “Kalau untuk wilayah timur itu hanya untuk mempermudah saja pembayaran pajak. Finishingnya tetap di Samsat Sumber. Ini bagian dari pelayanan kami kepada para pemohon,” kata Jon. (Bambang)

1 komentar:

My_EoT mengatakan...

samsat sumber dgn petugas penetapannya yang cepat dan seolah2 sdh hafal besarnya pajak yg sdah di tetapkan sy acung kan jempol saran sya adalah ruangan tunggu mohon di perluas BRAVO SAMSAT SUMBER