Kamis, 12 Maret 2009

Kadisdik Puji Kreasi Seni Siswa SMKN I Kedawung

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon, Drs. H. Dudung Mulyana, M.Si, memuji kreasi seni yang ditampilkan siswa siswi SMKN I Kedawung, Kabupaten Cirebon. Mereka unjuk kebolehan dalam bidang kesenian. Mereka memainkan angklung, tari rudat, kuda lumping, barongsai serta kesenian lainnya.


Aksi mereka ditampilkan pada acara Gelar Musik dan Tari kelas XI di sekolah setempat, Selasa (3/3). Ratusan siswa lainnya antusias mengikuti acara hingga selesai. Ketrampilan mereka dalam menampilkan aneka seni tersebut cukup mengagumkan, tak ubahnya seperti penari profesional.

Dalam sambutannya, Dudung mengatakan sangat apresiatif dengan kegiatan seni tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu implementasi dalam mengukur kompetensi setiap siswa. “Apa yang disuguhkan sekarang merupakan kebanggaan kita bersama. Mereka mencintai kesenian tradisional. Kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan,” pintanya.

Penyerahan beasiswa
Pada acara tersebut, secara simbolis diserahkan Beasiswa Rereongan Sarupi kepada 17 siswa kurang mampu. Beasiswa itu merupakan hasil inisiatif para guru dan sejumlah murid SMKN I Kedawung untuk membantu teman-temannya.

Kepala SMKN I Kedawung, Wawan Siswandi mengatakan, acara tersebut khusus dilakukan siswa-siswi kelas XI. Baik kepanitiaannya maupun pelaku seninya berasal dari mereka sendiri. “Gelaran ini sudah menjadi agenda rutin kami setiap tahun. Untuk kompetensi tertentu mereka harus menguasainya, minimal untuk satu jenis bidang seni,” Kata Wawan.

Wawan menambahkan, acara tersebut juga masuk program sekolah dengan mengacu pada klausul sebagai salah satu sekolah bersertifikat ISO. Sehingga, semuanya berjalan sesuai format dan sudah di-setting dalam kerangka meningkatkan kompetensi anak.

Tidak ada komentar: